Cara Membuat Visa Studi Korea Selatan

Setelah melewati drama baper beberapa bulan lalu, akhirnya Kay lolos seleksi untuk penerimaan beasiswa di University of Seoul, Korea Selatan, jadwal keberangkatan di bulan Agustus, ada beberapa persyaratan administrasi yang mesti dilengkapi, salah satunya Visa Studi.

Berikut adalah informasi semoga lengkap pengurusan visa studi Korea Selatan.

Dokumen persyaratan untuk mengajukan Visa Studi program S2,

  1. Paspor asli dan fotokopi, termasuk paspor lama (jika masih ada), stempel imigrasi dan visa negara lain yang sudha pernah dikunjungi.
  2. Formulir aplikasi visa, serta foto terbaru yang nantinya akan ditempel di formulir  aplikasi visa.
  3. Certificate of Admission (surat keterangan telah diterima dan terdaftar di Universitas Korea yang dituju)
  4. Ijazah terakhir (fotocopy dan asli), terkadang pihak Kedutaan meminta untuk melegalir fotocopy ijazah, dan jika tida berbahasa Inggris, sebaiknya diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah. Boleh inbox jika memerlukan jasa penerjemah tersumpah. 
  5. Certificate of Health (TB), terhitung sejak 02 Maret 2016, untuk warga negara asing tertentu, yang hendak mengunjungi Korea Selatan lebih dari 90 hari,  diwajibkan untuk melakukan Tes Medis, termasuk TB (Tubercolosis) yang hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang telah ditunjuk oleh pihak Kedutaan Besar Korea Selatan, Daftar Rumah Sakit dan Formulir Tes Medis.
  6. Bukti keuangan, untuk penerima beasiswa, bukti keuangan cukup berupa surat keterangan dari pihak penanggung beasiswa, sementara untuk biaya studi mandiri/orangtua melampirkan bukti laporan keuangan pribadi/orangtua selama tiga bulan terakhir, bukti lapor pajak dan SPT. Minimal dana yang tersedia sebesar USD 20,000.

Catatan :

Penerima beasiswa dari Pemerintah Korea, Perusahaan Korea maupun Pemerintah Indonesia yang biaya hidup dan biaya sekolahnya ditanggung tidak perlu melampirkan bukti keuangan.

Jika dokumen yang diajukan dianggap belum lengkap maka pihak Kedubes Korea berhak meminta dokumen tambahanPaspor Asli dan fotokopi, termasuk paspor lama (jika masih ada), stempel imigrasi  dan visa negara yang sudah pernah dikunjungi.

Jenis visa serta formulir aplikasi visa, bisa didapatkan di Website Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia 

Proses pengajuan visa memakan waktu lima hari kerja, terhitung sejak satu hari setelah aplikasi diserahkan, misalnya aplikasi diserahkan hari Senin, maka Visa dapat diambil (jika disetujui) pada hari Senin minggu berikutnya. Cek status pengajuan visa Korea Selatan. 

Setelah persyaratan sudah lengkap, kita datang ke Kedutaan Besar Korea Selatan, yang letaknya bersebelahan dengan RS Medistra, Gatot Soebroto. Kalau pengguna Commuter Line, bisa turun di St Palmerah, lanjut dengan angkutan online. Kedutaan buka dari jam 09.00 – 14.00, meskipun nomor antrian berbarengan dengan pihak agen travel, namun petugas pemeriksaan dokumen visa bekerja cukup efisien, jadi ga berasa antrian lama. Oh iya, pembayaran visa hanya menerima uang tunai.

disclaimer : persyaratan diatas, tidak menjamin visa anda akan disetujui. Persetujuan visa menjadi hak penuh pihak pemerintah Korea Selatan. 

Oh iya! postingan mengenai visa turis kunjungan keluarga, akan ada berikutnya ya.

Jika ada pertanyaan, boleh silahkan tinggalkan komentar, saya akan coba bantu jawab.

Goodluck!!

Tabik

 

One thought on “Cara Membuat Visa Studi Korea Selatan

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: